Automasi Perpustakaan

Abstrak

Perpustakaan merupakan salah satu unit kerja yang bergerak di bidang jasa layanan informasi.  Sebagai salah satu bidang  jasa tentunya kepuasan dari para pemustaka  adalah salah satu tujuan utama perpustakaan. Apalagi dengan berkembangnya teknologi informasi semakin pesat, koleksi perpustakaan juga tentunya semakin bertambah banyak dan jumlahnya sampai ribuan. Untuk itu agar pengolahannya lebih terakomodir dan pelayanan perpustakaan semakin cepat, tepat, dan akurat. Perlu adanya perubahan system perpustakaan dari perpustakaan manual ke automasi perpustakaan. Sehingga diharapkan dengan beralihnya system perpustakaan manual menjadi automasi, perpustakaan dapat memberikan pelayanan prima kepada pemustaka.

Tujuan perpustakaan menerapkan system automasi Menurut Lasa Hs. adalah : 1). Meringankan perkerjaan.; 2). Memudahkan dan memperlancar pelaksanaan tugas – tugas kepustakawanan.; 3). Mempercepat proses temu kembali akan informasi.; 4). Memperlancar kerjasama informasi.; 5). Meningkatkan pelayanan informasi dan memanfaatkan teknologi informasi” (2007: 215).

Melihat perpustakaan SMPN 2 Mataram yang telah menggunakan sisitem automasi perpustakaan, namun menurut kacamata penulis dalam pelaksanaan automasi perpustakaan belum mencapi tujuan yang maksimal dari penerapan system automasi perpustakaan. Hal itu dapat dilihat dari pelayanan sirkulasi masih mengutamakan system manual dari pada automasi. Melihat hal itu penulis ingin mengetahui dan mengembangkan  penerapan system  automasi pada perpustakaan SMPN 2 Mataram.

Berdasarkan uraian tersebut di atas maka penulis menentukan kesimpulan untuk membahas judul laporan akhir ini dengan Judul : “PENERAPAN SISTEM AUTOMASI PADA PERPUSTAKAAN SMPN 2 MATARAM”.

 

NB. Diajukan sebagai judul tugas akhir Th 2012

By khasanboement

Leave a comment